Cara Instalasi Aplikasi Manajemen Penilaian Digital (MPD) SMK

 Cara Instalasi Aplikasi Manajemen Penilaian Digital (MPD) SMK

Aplikasi Manajemen Penilaian Digital (MPD) SMK adalah sebuah aplikasi/perangkat lunak yang   yang secara teknis berfungsi untuk membantu Sekolah Menengah kejuruan (SMK) dalam melakukan manajemen penilaian yang komprehensif dan terpadu untuk menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik (Rapor).

Aplikasi ini bersifat GRATIS dan didedikasikan sepenuhnya oleh pengembang aplikasi yaitu Sdr. I Nyoman Pasek, S.Pd, M.Pd, dkk sebagai wujud sumbangsih untuk kemajuan dunia SMK di Indonesia dengan mengusung moto “dari guru, oleh guru, dan untuk guru”. Oleh karenanya tim pengembang senantiasa tetap terbuka bagi siapa saja  yang ingin memberikan masukan demi penngembangan Aplikasi MPD SMK lebih lanjut.

Pengembangan Aplikasi MPD SMK sejak awal berkomitmen untuk mendukung sepenuhnya Aplikasi Dapodikdasmen yang dijalankan oleh Setditjen Dikdasmen Kemendikbud, oleh karenanya secara teknis Aplikasi MPd SMK terhubung dengan Aplikasi Dapodikdasmen dan terus dikembangkan sejalan perkembangan Aplikasi Dapodikdasmen. Saat ini Aplikasi Dapodikdasmen telah merilis versi baru yaitu 2018.a, dimana pada versi ini banyak dilakukan perubahan dan pengembangan khususnya untuk mengakomodir perkembangan di SMK.

Perkembangan yang dimaksudkan adalah terkait pelaksanaan Kurikulum 2013 Revisi dan Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan Tahun 2016. Oleh sebab itu untuk mengikuti perubahan dan perkembangan pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018.a tersebut, maka saat ini dirilis Aplikasi MPD SMK versi 2018.

Untuk itu, kepada segenap SMK pengguna setia Aplikasi MPd SMK dihimbau untuk segera melakukan update ke versi 2018.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait kelengkapan data pada Aplikasi Dapodikdasmen sebelum proses update Aplikasi MPd SMK ini:

1.  Cek kelengkapan data SISWA, yaitu: NIS/NIPD, nisn,  alamat, data orang tua, termasuk no ijazah di registrasi peserta didik.

2.  Cek kelengkapan data PTK, yaitu:  jenis ptk (pastikan pengisian benar),  cek riwayat pendidikan formal terutama bagian gelar,  pastikan jangan sampai ada entri pendidikan yang ganda.

3.  Cek kelengkapan data rombel, yaitu: jenis rombel harus benar, data anggota rombel dan pembelajaran lengkap ,  pastikan tidak ada siswa salah rombel.

4.  Cek kelengkapan data ekstrakurikuler pada rombel ekstrakurikuler, yaitu:  jenis rombel harus benar, anggota rombel lengkap, dan pastikan entrian data ekstrakurikuler pada tab sekolah bagian ektrakurikuler sudah diisi lengkap.

5.  Cek kelengkapan data Prakerin, yaitu: lengkapi data terkait prakerin beserta anggotanya yang ada di tab sekolah pada bagian Relasi Dunia Usaha & Industri, Unit Produksi, dan MOU Kerjasama
.
Kelengkapan data-data diatas menjadi prasyarat agar proses penarikan data untuk dikelola lebih lanjut dalam Aplikasi MPD SMK dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Untuk cara instalasinya, sama seperti aplikasi lainya tapi alangkah lebih baiknya untuk membaca panduannya, langkah instalasinya silahkan simak dibawah ini :

1. Baca panduannya. download disini Panduan MPD 

2. Download aplikasi MPD SMK, disini Download
3. Lakukan instalasi sampai selesai, tinggal next next aja
4. Setelah selesai sekarang buka atau jalankan aplikasinya
5. Masukan
Username : admin
Password : admin123456
User : Admin 
TP: 2017/2018 Ganjil
6. Setelah berhasil Login, silahkan ikuti panduan seperti gambar dibawah ini :

7. Ikuti langkahnya mulai nomor 1 sampai 11. 

Ingin bergabung ke group telegram, silahkan bergabung disini : https://t.me/MPDSMK


Ok sekian informasi mengenai Cara Instalasi Aplikasi Manajemen Penilaian Digital (MPD) SMK semoga bermanfaat.

Distributor oleh Kubah Dunia